10 Fitur Unggulan Pada Android Kitkat

Awal November 2013 lalu Google resmi merilis hadirnya versi baru dari Android, yakni Android 4.4 Kitkat. Seperti pada update versi-versi Android sebelumnya, keberadaan Android Kitkat kini menjadi acuan dan pencapaian fitur tercanggih dari smartphone dan tablet Android. Di Indonesia sendiri, OS terbaru ini sudah masuk lewat penawaran LG Nexus 5, kemudian berlanjut ke Samsung Galaxy Note Pro 12.2. Dan, dipastikan beberapa seri lainnya akan menyusul mengusung Android Kitkat. Nah, sebelum Anda membeli hape Android ber-Kitkat, ada baiknya ketahui fitur-fitur unggulannya. 

1. “Ok Google”
Anda tidak perlu lagi menyentuh layar untuk melakukan pencarian, mengirim teks, mencari arah atau memutar musik. Bila Anda berada di layar awal (home screen) atau memiliki aplikasi Google Now, Anda cukup mengatakan “Ok Google” diikuti dengan perintah untuk melakukan salah satu dari tugas-tugas yang Anda inginkan. 

2. Full-Screen Album And Movie Art Combined With Controls.
  
Ketika Anda sedang memainkan streaming musik atau memproyeksikan film ke Google Chromecast dari perangkat KitKat Anda, Anda bisa melihat full-screen album dan Movie art di tampilan gadget Android Anda. Pada layar terkunci (lock screen) di situ bakal ada kontrol yang memungkinkan Anda untuk memutar (Play), Pause, atau melompat ke lagu selanjutnya atau bab film selanjutnya.

3.Immersive Display
  
Dalam versi Android sebelumnya, status bar dan tombol navigasi tetap muncul di layar saat Anda sedang bermain game atau menonton film. Saya kira hal itu sangat mengganggu, nah di Android KitKat ini telah ditambahkan sebuah fitur untuk menyembunyikan status bar dan tombol navigasi agar tampilan 

4. Contact Prioritization
  
Android KitKat mem-prioritaskan kontak berdasar pada orang-orang yang lebih sering Anda ajak SMS-an atau lebih sering Anda telepon. Dari aplikasi Contacts, Anda juga dapat mencari tempat nongkrong atau restoran yang paling dekat di daerah Anda melalui search box yang berada pada bagian atas. Aplikasi Kontak Android KitKat ini juga ter-integrsi dengan aplikasi kontak Google Anda.

5. Enhanced Caller ID
  
Orang-orang memiliki kecenderungan untuk mengabaikan panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenali. Nah, kalau Anda menerima panggilan yang nomornya tidak ada di dalam Kontak Anda, maka Android KitKat akan mencoba untuk mengambil informasi Caller ID dari daftar lokal dalam Google Maps. Fitur ini bisa sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki keluarga dan teman-teman yang menelepon dari nomor tempat mereka bekerja

6. Message Consolidation
  
Android KitKat telah menggabungkan SMS, MMS, Panggilan video dan Google Hangouts chat dalam satu aplikasi. Aplikasi Android KitKat Messagess juga mendukung share-location dan mengirimkan animasi GIF ke teman Anda. 

7. Emojis
  
Google telah menambahkan Emojis ke Keyboard Android KitKat. Emoji adalah istilah Jepang untuk ideogram dan smiley yang digunakan dalam pesan teks dan website. Anda dapat menambah isi pesan Anda dengan menempatkan smiley, mobil, hewan, dan ikon menarik lainnya dengan fitur ini. 

8. Cloud Printing Support
  
Android KitKat memiliki dukungan untuk Cloud Printing (pencetakan di awan). Jadi, Anda bisa mencetak dokumen, presentasi, website dan foto dari ponsel KitKat atau tablet. Agar fitur ini bisa bekerja, printer Anda harus terhubung ke Google Cloud Print atau HP ePrint.

9. Quickoffice
  
Google Quickoffice akan terinstal dengan Android KitKat. Quickoffice mendukung pengeditan dokumen, spreadsheet, dan presentasi yang dibuat dengan Microsoft Office atau Google Docs. Ketika Anda login ke Quickoffice menggunakan akun Google Anda, aplikasi akan menampilkan dokumen yang telah tersimpan dalam Google Docs dan akun Google Drive. 

10. Step Detector And Step Counter
  
Android KitKat memiliki detektor langkah dan penghitung langkah, sehingga aplikasi yang berhubungan dengan kebugaran/fitness dapat melacak ketika pengguna sedang berjalan, berlari, dan memanjat tangga. Langkah detektor ini menggunakan input accelerometer untuk mengenali ketika pengguna telah mengambil langkah. 


Sumber : selular.co.id

Comments