KEGUNAAN AUTO PILOT MODE UNTUK SINYAL SMARTPHONE YANG LEMAH


Ada beberapa penyebab borosnya baterai pada hape, salah satunya tidak terkait dengan hape itu sendiri, yaitu akibat koneksi sinyal dari BTS ke hape yang lemah. Secara ilmiah, sinyal lemah atau hilang sama sekali bakal berdampak sistemik, dan komponen yang paling parah terkena dampaknya adalah baterai. Pasalnya sistem hape akan terus memindai sampai mendapatkan sinyal. 

Masalah diatas tentu tidak akan ditemui di wilayah perkotaan yang bertabur BTS (base transceiver station) dari masing-masing operator. Tapi lain halnya jika Anda sedang berada di wilayah pelosok atau pedalaman. Nah, masalah diatas ada kok solusinya, yaitu dengan memanfaatkan jasa aplikasi, yakni Auto Pilot Mode yang tersedia gratis untuk diunduh dari Google Play Store. 

Airplane Mode sejatinya sudah menjadi fitur standar di setiap hape, perannya tak lain mematikan seluruh koneksi sinyal dan jaringan selular di hape, namun pengguna tetap dapat mengaktifkan serta menjalankan fitur dan aplikasi lain yang ada di hape, semisal untuk bermain game atau mobile office. Dalam wujud aplikasi, Auto Pilot Mode punya fungsi untuk mengaktifkan Airplane Mode disaat  kekuatan sinyal dari operator berada dibawah batas minimal yang telah Anda tentukan. 


Canggihnya lagi, Anda tidak perlu mematikan Airplane Mode secara manual, aplikasi ini menggunakan rentang waktu. Jadi, Airplane Mode hanya aktif selama waktu yang ditentukan, misalnya Anda ada tugas dilapangan selama 2 jam, maka atur saja waktunya jadi 2 jam, tapi misalnya Airplane Mode mati dan ternyata sinyal belum ada ya aplikasi ini akan mengubahnya lagi ke Airplane Mode.

Dilihat dari kegunaannya, aplikasi ini rasanya tak diperlukan untuk Anda yang setiap hari selalu mendapat sentoran sinyal penuh dari operator. Tapi bagi yang tinggal dipelosok, aplikasi ini bisa menjadi solusi. Selain gratis, aplikasi ini juga ringan, besar memori yang digunakan hanya 341 KB. Auto Pilot Mode dapat digunakan mulai dari hape Android versi 2.3 keatas.

Comments